Rabu, 03 April 2013

" Ungkapan Dalam Percakapan Bahasa Arab "

Assalammu'alaikum...<3

Aku orangnya moody..., kalo lagi mau kadang suka nulis. Apapun itu..., aku senang mencoba hal-hal baru yang  asik buat dipelajari. Bukankah segala sesuatu yang ada di sekitar kita itu adalah ilmu buat kita.
Kali ini aku  ingin berbagi ilmu tentang ungkapan dalam percakapan bahasa Arab sehari-hari. Yang semuanya aku dapat dari browsing di internet. Maaf jika kurang lengkap..., karena kita masih sama-sama belajar. Bila ada kesalahan mohon sarannya yaaa...!

Kita mulai belajar yuuuk...!

Ismi = Nama
Kaifa Halukum = Apa Kabar (Lelaki)
Kaifa Halukunna = Apa Kabar (perempuan)
Kaifa Halukuma = Apa Kabar (jamak)
Sobahul Khoir = Met Pagi
Masa’ul Khoir = Met Sore
Saba Al-khair = Pagi
Saba An-nur = Siang
Masa Al-khair = Sore
Masa An-nur = Malam
Akhi = Saudaraku Laki2
Ikhwan = Laki2
Ukhti = Saudaraku Perempuan
Akhwat = Perempuan
Afwan (Permisi) = Maaf
Mutaasif = Maafkan Saya
Antuma = Kamu (Perempuan)
Antum = Kamu (Laki-Laki)
Syukron = Trims
Tafadol= Silahkan
Faham = Mengerti
Kam = Berapa
Fulus = Uang
Wa = Dan
Halal = Boleh
Haram/La = Tidak Boleh
Ilal Liqo = Sampai Ketemu
Min Aina = Dari mana
Illa Aina = Mau Kemana
Hareem = Itu (Perempuan)
Badiru = Bersegera
Bahlul = Bodoh
Na’am = Iya/Oke
Ahlan Wa Sahlan = Selamat
IKhwan Fillah = Saudara Sekalian
Ad’uu lak = Saya Doain Kamu
Anna Fii Baiti = Saya Sedang di Rumah
Maadzaa Taf’al = Sedang Apa
Syafakallah = Semoga Allah Memberikan Kesembuhan Untukmu
Syafakillah = Semoga Allah Memberikan Kesembuhan Untukmu (Perempuan)
Ellayi la Murhansat = Malamku Tak Terlupakan
Kun Fii Ya Habibie = Dimanakan Kau (perempuan) Kekasih
Habibie Ya Nurul Aini = Kekasihku Wahai Cahaya Mataku
Ana Syuftak Albi Saliim = Melihatmu Hatiku Bahagia
Jazakallah Khoirin = Semoga Allah Membalas Yang Lebih Baik
Baldan Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur = Negeri Yang Aman dan Makmur serta dilimpahi Rahmat Allah

Bila ada kesalahan..., mohon sarannya yaaa...

7 komentar:

  1. Maaf min sekedar ngasih tau..Harusnya kaifa haluka buat lelaki sendiri, bukan kaifa halukum.
    nah kaifa halukum baru apa kabar (Jamak)
    Fahim,laisa Faham
    Ahlan Wa sahlan:selamat datang,kurang itu hehe
    Madza Ta'mal min laisa madza Taf'al
    Kamu itu Anta,bukan antum,kalo antum itu Jamak,lebih dari tiga,
    kalo kamu perempuan itu anti,kalo antuma itu kamu berdua bisa laki2 bisa perempuan,oiya malam itu lailan,laisa ellayi
    terima kasih,sekedar mengingatkan��

    BalasHapus
  2. 'afwan setau saya halukum itu nggk apa untk satu orang tapi untuk orng yng lebih tnggi pangkatnya cntohnya guru atau orng tua kita pakai halukum atau antum agar lebih sopañ

    BalasHapus
  3. Sukron kasiron ,.ilmu nya ,.ane ,.baru belajar ,.

    BalasHapus
  4. Syukron. Sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya.

    BalasHapus
  5. Syukron nggih✌🤗. Bermanfaat

    BalasHapus